Senin, 17 Oktober 2011

PENDUDUK, MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN

PENDUDUK, MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN
Penduduk, Masyarakat, dan Kebudayaan adalah 3 hal aspek kehidupan yang saling berkaitan. Di bawah ini adalah pengertian dan keterkaitan dari Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan:
Ø                          Penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati  suatu wilayah geografi dan ruang tertentu di mana tumbuh dan berkembang di dalam wilayah tertentu pula tertentu serta memiliki peraturan-peraturan yang berlaku dalam wilayah tersebut
Ø                       Masyarakat adalah suatu kelompok kehidupan sosial manusia yang telah cukup lama hidup, bekerjasama dan menempati wilayah tertentu yang keteraturannya dalam kehidupan sosialnya telah dimungkinkan karena memiliki pranata sosial yang telah menjadi tradisi dan mengatur kehidupannya. Sehingga mereka ini dapat mengorganisasikan dirinya berpikir tentang dirinya dalam kesatuan sosial dengan batas-batas tertentu. Masyarakat itu sendiri tidak akan terbentuk apabila tidak ada penduduk.
Ø                       Kebudayaan adalah hasil budi daya manusia, ada yang mendefinisikan sebagai semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat di mana karya manusia menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan, sedangkan rasa mewujudkan segala norma dan nilai untuk mengatur kehidupan dan cipta merupakan kemampuan berpikir dan kemampuan mental yang menghasilkan filsafat dan ilmu pengetahuan.
Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan memiliki keterkaitan atau hubungan yang erat antara satu sama lain. Seiring berjalannya waktu, penduduk,masyarakat dan kebudayaan berkembang dari masa ke masa. Namun mengapa kebanyak masyarakat pada jaman sekarang malah meniru budaya-budaya luar???
Dengan adanya budaya luar , masyarakat indoneseia hampir menirunya. Mulai dari cara berpakaian,tehnologi,kegiatan kebudayaan. Padahal budaya-budaya di Indonesia tidak kalah bagusnya dengan kebudayaan lain. Conohnya saja seperti kesenian, mulai dari seni musiktradisional dan modern.Ada pula seni tari,ada tari tradisional dan modern juga. Di luar negeri saat ini malah sedang mencoba memahami kesenian-keseian dari Indonesia, contohnya adalah seni tari dan gamelan. Tapi kenapa ita yang orang indoesia seolah-oah tidak ada minat utuk mengembangkannya????
Selain  Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan memiliki pengertian dan keterkaitan, ada beberapa permasalahan yang timbul aibat peenduduk. Diantaranya adalah :
1.    Kepadatan penduduk
Kepadatan penduduk biasanya sering terjadi karena banyaknya masyarakat yg bertransmigrasi ke jakart
2.    Gizi buruk
Gizi buruk ini biasa terjadi karena masyarakat yg tidak memiliki pengetahuan yg cukup tentang seberapa pentingnya menjaga kesehatan.
3.    Persaingan lapangan pekerjaan
Persaingan lapangan pekerjaan ini di sebabkan oleh pertumbuhan penduduk di negara kita yg sangat tinggi dan rupanya pertumbuhan penduduk inni tidak sebanding dengan jumlah lapangan pekerjaan yang disediakan oleh pemerintah selama ini
4.   Meningkatnya jumlah kemiskinan
Meningkatnya jumlah kemiskinan ini biasanya di sebabkan oleh kurang berkembangnya kreatifitas dari masyarakat untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri.
5. Persaingan untuk mendapatkan pemukiman
Persaingan untuk mendapat permukiman yang layak ini biasa terjadi didaerah perkotaan yg padat, dan permasalahan seperti ini biasa terjadi karena perumahan yang tidak memadai sehingga terlihat menjadi kumuh
6. Rendahnya kesempatan pendidikan
    Tidak setiap anak memiliki kesempatan untuk bersekolah dan mendapatkan pendidikan yang layak dan memadai
7. Angka kelahiran kasar (CBR)
 Angka Kelahiran Kasar di Indonesia telah menurun dari 33,7 per 1000  penduduk pada periode 1980-1985 menjadi 28,7 per 1000 penduduk dan  25,3 per 1000 penduduk pada periode 1985-1990 dan 1990-1995.
8. Transmigrasi
Transmigrasi merupakan suatu perpindahan penduduk dari desa ke kota dengan tujuan untuk mencari pekerjaan ataupun untuk merubah nasip mereka      
 9. Usia perkawinan utama
10. Status perkawinan
11. Angka kelahiran total (FTR)
12. Ratio ibu atau anak
13. Rata-rata anak yang lahir dan hidup
        Setelah kita mengetahui pengertian, keterkaitan penduduk, masyarakat dan kebudayaan serta permasalahan-permasalahan  yang timbul akibat penduduk ada pula solusinya sebagai berikut :
1.    Melasanakan program KB
     2.Sosialisasi perencanaan pernikahan yang matang
     3. Sosialisasi kepada kaum remaja tentang “say no free sex”
     4. Memperluas lapanggan pekerjaan
     5. Menyediakan lahan untuk orang tidak mampu(miskin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar