« Diferensiasi
Produksi
Setiap perusahaan dalam pasar persaingan monopolistis akan
berusaha untuk memproduksikan barang yang mempunyai sifat yang khusus, dan yang
dapat dengan jelas dibedakan dari produksi perusahaan-perusahaan lainnya.
Promosi Penjualan Melalui Iklan di dalam
perusahaan-perusahaan modern kegiatan mempersiapkan dan membuat iklan adalah
suatu bagian penting dari usaha untuk memasarkan hasil produksinya.
Perusahaan-perusahaan melakukan kegiatan pengiklanan untuk mencapai salah satu
atau gabungan dari tiga tujuan yang dinyatakan di bawah ini:
- Untuk memberikan informasi mengenai produk
- Untuk menekankan kualitas suatu produk secara persuasive
- Untuk memelihara hubungan baik dengan para konsumen
Di dalam menilai apakah iklan memberikan manfaat kepada
masyarakat, terdapat berbagai pendapat. Segolongan orang berkeyakinan bahwa
iklan merupakan suatu penghamburan karena biaya produksi bertambah tinggi
sedangkan konsumen tidak menerima kenikmatan tambahan dari barang yang
dipromosikan melalui kegiatan pengiklanan.
Beberapa argumen penting dalam perdebatan tersebut
diterangkan di bawah ini:
- Iklan Dan Biaya Produksi
Adakah iklan akan menaikkan atau
menurunkan biaya produksi per unit? Keduanya mungkin berlaku, dan ia tergantung
kepada perubahan permintaan yang terjadi sebagai akibat kegiatan pengiklanan
yang dilancarkan.
- Pandangan Lain Yang Menyokong Pengiklanan
Di samping karena biaya produksi
yang mungkin akan menjadi lebih rendah, golongan yang menekankan tentang
kebaikan iklan mengemukakan kebaikan-kebaikan berikut:
1.
Pengiklalanan
membantu konsumen untuk membuat keputusan yang lebih baik di dalam menentukan jenis-jenis barang yang akan
dibelinya
2.
Iklan
akan menggalakkan kegiatan memperbaiki mutu suatu barang
3.
Iklan
membantu membiayai perusahaan komunikasi masa seperti radio, televisi, surat
kabar, dan majalah
4.
Iklan
menaikkan kesempatan kerja
- Pandangan Yang Mengkritik Pengiklanan
Uraian
berikut member gambaran tentang beberapa kritik terhadap pengiklalanan:
- Promosi secara iklan adalah suatu penghamburan
- Iklan tidak selalu memberi informasi yang betul
- Iklan bukanlah suatu cara yang efektif untuk menambah jumlah pekerjaan dalam perekonomian
- Iklan dapat menjadi penghambat kepada perusahaan-perusahaan baru untuk masuk ke dalam industry
Sumber : pengaplikasian
diri sendiri dan di bantu oleh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar