Minggu, 24 Juni 2012

Tulisan Manusia dan Keadilan


Manusia dan keadilan merupakan kata yang sering kita dengar. Sekarang apa itu keadilan menurut pengertian umum??? Keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik menyangkut benda atau orang. Jadi, keadilan itu berlaku bagi seluruh mahluk hidup maupun bagi benda-benda yang ada di alam semesta. Hal ini dikarenakan oleh adanya keterikatan yang terjadi secara alamiah, sehingga seluruh mahluk harus berlaku adil kepada yang lainnya.

Sebagai salah satu jalan mempertahankan keseimbangan yang alami tersebut. Keadilan yang ada dilingkungan masyarakat saya. Saya pun juga pernah merasakan keadilan tersebut dalam lingkup yang lebih kecil misalkan saja keadilan di dalam rumah saya sendiri, keadilan orang tua saya terhadap saya dan adik saya.

Keadilan dalam pembagian suatu kasih sayang, suatu barang atau sesuatu yang memang harus diberikan kepada kedua adik saya. Semua anak orang tua saya mendapatkan keadilan yang sama rata menurut saya. Kasih sayang, dari saya kecil mama dan ayah saya tidak pernah pilih kasih dalam hal menyayangi kami. Itu menurut saya karena apa yang adik saya alami pasti sebelumnya pernah saya alami. Seperti dibelikan mainan baru ketika itu, dibelikan baju baru ketika lebaran akan tiba. Yah…walaupun terkadang mama saya masih sering menuruti kemauan adik saya ketimbang kemauan saya siiihh….

Mama dan ayah saya selalu bilang jangan pernah ngiri sama adiknya, ya saya sebagai anak pun terkadang masih merasa ngiri sama adik saya sendiri. Namun dalam hal tersebut mama dan ayah saya selalu mempunyai solusi yang baik untuk anak-anaknya.

 Tidak hanya itu, mereka tetap memberikan perhatian dan pendidikan yang layak kepada saya, itu menurut saya merupakan suatu keadilan yang nyata. Bahwa mama dan ayah saya tidak pernah membeda-bedakan anaknya yang satu dengan yang lainnya. Walaupun saya yang paling besar, saya merasa tidak pernah diistimewakan, dan saya melihat adik saya yang kecil pun diperlakukan seperti anak kecil pada umumnya.

Kasih sayang yang mereka berikan merupakan keadilan yang memang terasa bagi kami. Pada saat saya kecil saya diajarkan mama dan ayah untuk bersikap adil kepada siapapun, tidak membeda-bedakan apa yang akan kita beri kepada oranglain. Semua harus adil dan sesuai tempatnya. Pada saat saya meminta dibelikan baju baru, mamah mengiyakan permintaan saya. Tidak lama kemudian saya mendapatkan baju yang saya inginkan namun ketika sudah selesai membelikan baju untuk saya mamah mencarikan baju untuk adik-adik saya.

Ketika saya lulus dari bangku SMA, saya bingung ingin meneruskan kuliah atau bekerja saja. Walaupun terbesit pikiran untuk bekerja saja lalu kuliah agar tidak menyusahkan orangtua sempat terlintas. Namun saya menanyakan kembali apa yang akan saya pilih kepada kedua orangtua saya. Awalnya ayah saya tidak mengijinkan saya untuk kuliah, karena saya disuruh melanjutkan seperti saya yaitu seorang polwan,karna ayah saya polisi. Namun berhubung tinggi saya kurang 2cm jadi saya tidak bisa masuk polwan dan akhirnya saya kuliah.

Aku sempat bertanya-tanya ??? Kira-kira ayah akan mengasih ijin kepada saya ga yaaa???? Ternyata Alhamdulillah ayah saya mengijinin. Keadilan harus didapatkan oleh semuanya dan harus disama ratakan kepada siapapun. Sekarang saya berada di bangku kuliah saya berharap adik saya pun dapat merasakannya. Mungkin mamah dan ayah saya tetap menginginkan keadilan itu ada untuk kedua adik saya dan mudah-mudahan saja keadilan yang orangtua saya harapkan dapat terwujudkan.Amiiiiiiiiiiiiiiin…………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar