Kamis, 28 Juni 2012

Tulisan Manusia dan Tanggung Jawab


Setiap orang pasti mempunyai tanggung jawab dan memiliki hak dan kewajiban yang berbeda-beda. Hak untuk mendapatkan sesuatu yang memang harus mereka dapatkan. Dan berbicara soal kewajiban pasti identik dengan tanggung jawab. Semua orang pun pasti memiliki tanggung jawab dari tanggung jawab yang kecil sampai tanggung yang besar.
Apa yang kita lakukan pasti memiliki resiko dan setiap resiko pastinya kita harus mempertanggungjawabkan segalanya. Manusia dan tanggung jawab sangat perlu ditanamkan pada diri seseorang atau manusia karena atau sebab atas perbuatan yang telah mereka lakukan.
Tanggung jawab adalah sesuatu yang harus kita lakukan agar kita menerima sesuatu yang di namakan hak.Tanggung jawab merupakan perbuatan yang sangat penting dilakukan dalam kehidupan sehari-hari,karena tanpa tanggung jawab,maka semuanya akan menjadi kacau. Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah, keadaan wajib menanggung segala sesuatunya.Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak di sengaja.
Tangung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Sebenarnya setiap haripun kita harus bertanggung jawab baik itu kepada diri sendiri,kepada keluarga, kepada orang lain, kepada masyarakat, dan kepada tuhan. Tanggung jawab yang kita lakukan kepada diri sendiri adalah mejaga diri kita sendiri apa yang kita perbuat untuk diri kita dan apa yang kita tanggung untuk diri kita. Tanggung jawab kepada keluarga juga kita lakukan sehari-hari. Apalagi kepada tuhan tanggung jawab itu datangnya setiap saat.
Contohnya saja adalah jika seorang ayah tidak melakukan tanggung jawabnya mencari nafkah,maka keluarganya akan sengsara. Bagaimanapun juga tanggung jawab menjadi nomor satu di dalam kehidupan seseorang.Dengan kita bertanggung jawab,kita akan dipercaya orang lain,selalu tepat melaksanakan sesuatu,mendapatkan hak dengan wajarnya.
Seringkali orang tidak melakukan tanggung jawabnya,mungkin di sebabkan oleh hal hal yang membuat orang itu lebih memilih melakukan hal di luar tanggung jawabnya.Sebagai contohnya,seorang pelajar mempunyai tanggung jawab belajar,sekolah,tapi karena ada game/ajakan teman yang tidak baik untuk bolos sekolah,maka seorang anak itu bisa saja melalaikan tanggung jawabnya untuk bermain/bolos sekolah. Jika kita melalaikan tanggung jawab,maka kualitas dari diri kita mungkin akan rendah.Maka itu,tanggung jawab adalah suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan,karena tanggung jawab menyangkut orang lain dan terlebih diri kita.
Manusia merupakan mahluk individual (pribadi), manusia juga mahluh sosial (berkmasyarakat) dan manusia juga merupakan mahluk pengabdi dalam batasan seorang hamba (religi) artinya adalah manusia itu sendiri sebagai mahluk tuhan. Jika ditinjau dari definisi manusia dari aspek tersebut diatas maka tidak akan terlepas peranan manusia di dunia ini yang mencakup ketiganya secara sederhana namun kompleks. Sehingga dari pernyataan dan definesi tersebutlah dapat disimpulkan bahwa manusia adalah mahluk pembelajar.
Baiklah teman saya punya pengalaman tentang tema ini. Pada waktu saya masuk SMA saya sempat terlintas untuk ikut dalam keanggotaan OSIS. Pada saat itu saya dan teman-teman saya mendaftarkan diri untuk menjadi anggota osis. Saat itu pada tanggal berapa saya lupa yaa… diadakan pemilihan anggota osis baru.
Saya dan teman-teman saya semangat sekali menghadiri bimbingan tersebut. Tiba-tiba ada guru dating ke kelas yang saya tempati itu. Sebenernya beliau tidak galak, namun tegas. Mental kita digretak sampe semua sisa dan siswi ketakutan. Teman-teman saya akhirnya ada yang tidak jadi ikut mencalonkan dirinya untuk menjadi anggota osis.
Saya berfikir, ini pilihan saya berarti saya harus bertanggung jawab. Ibarat orang berani berbuat harus berani bertanggung jawab. Acara bimbingan tersebut akhirnya saya ikuti sampai selesai dan akhirnya saya bisa menjadi anggota osis. Memang tidak mudah menjadi anggota osis, tapi itu sudah resiko yang harus saya hadapi.
Pada bulan agustus, sekolahan saya mengadakan bazar. Saya ditunjuk oleh Pembina osis sebagai bendahara dan panitia jalannya acara. Awalnya saya keberatan, saya takut acaranya berantakan. Tapi saya harus berusaha dan bertanggung jawab untuk jalannya acara tersebut biar lancar. Saya sempat kewalahan mengatur keungan dan mengkoordinasi anggota yang lainnya. Tapi saya berfikir, saya diberi kepercayaan sama guru pembimbing dan guru-guru lainnya. Berarti saya harus melakukan yang terbaik untuk sekolahan saya.
1 minggu berturut-turut bazaar terlakasana dengan lancar dan baik. Padahal selain saya anggota osiis, saya juga punya grup dance. Saya harus bisa membagi waktu antara latihan dance dan mengatur kelancaran bazaar. Karena pada hari ke 3 bazar, saya pentas.
Alhamdulillah semuanya lancar…… saya bisa mengimbanginya semua tanggung jawab saya. Yaaa… inilah cerita saya tentang tema ini.. Udah duluu ya temaaaaaaaaan…byeeeeeeeeeeeeee……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar